Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Inilah Budidaya Ikan Patin Dan Manfaat Ikan Patin

Inilah Budidaya Ikan Patin Dan Manfaat Ikan Patin - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Inilah Budidaya Ikan Patin Dan Manfaat Ikan Patin, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel 02. Waring Ikan, Artikel Budidaya Ikan, Artikel budidaya ikan patin, Artikel Manfaat Ikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah Budidaya Ikan Patin Dan Manfaat Ikan Patin
link : Inilah Budidaya Ikan Patin Dan Manfaat Ikan Patin

Baca juga


Inilah Budidaya Ikan Patin Dan Manfaat Ikan Patin

Ikan Patin ialah ikan air tawar yang sedang populer untuk dibudidayakan saat ini.  Banyak orang yang telah mencoba dan berhasil membudidayakan ikan ini. Cara untuk membudi budidayakan ikan Patin tidaklah sulit & memberikan keuntungan yang menjanjikan.

MANFAAT IKAN PATIN
Selain memiliki daya jual yang lumayan di pasaran ikan patin juga memiliki beberapa manfaat bila di konsumsi, diantaranya adalah :

1. Rendah kandungan kolesterol
Bagi anda yang memiliki gangguan kesehatan kolestrol tinggi, anda dapat mencoba mengkonsumsi ikan patin ini. Kandungan lemak tak jenuh ikan ini dapat membantu mengurangi jumlah kandungan kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh.

2. Lemak tak jenuh
Daging dari ikan patin dapat membantu mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskuler. Hal ini disebabkan karena lemak tak jenuh yang terkandung didalam daging ikan patin, sangat berguna dalam mencegah terjadinya penyakit penyakit yang berhubungan dengan sistem kardiovaskuler. Kandungan lemak tak jenuh pada daging ikan patin ini sangat tinggi mencapai 50% dari total keseluruhan nilai gizi yang terkandung di dalam ikan patin.

3. Baik untuk jantung
Penyakit kronis yang dapat dicegah bila mengkonsumsi ikan patin adalah jantung koroner. Sama seperti kolesterol dan penyakit kardiovaskular lainnya, lemak tak jenuh yang terkandung di dalam manfaat ikan patin membuat tubuh terhindar dari penyakit jantung koroner. Hal ini dikarenakan lemak tak jenuh yang di konsumsi tidak akan mengendap dan menghambat aliran darah di dalam pembuluh darah.

4. Baik untuk Pertumbuhan Bayi
Bagi para ibu hamil, ikan patin dapat bermanfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan janin anda selama masa kandungan. Hal ini disebabkan oleh kandungan DHA dan manfaat omega 3 yang kaya pada ikan patin. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk :
  • Menjaga kesehatan janin selama di dalam kandungan
  • Menjaga pertumbuhan janin agar tetap normal
  • Menjaga janin agar tetap sehat
5. Tinggi Protein
Bagi  yang sedang melakukan program diet atau sedang dalam proses Pembentukan masa otot, daging ikan patin sangatlah baik untuk di konsumsi. Kandungan protein yang tinggi dari daging ikan patin, membuat daging ikan patin akan sangat efektif untuk :
  • Menambah massa otot
  • Memperkuat otot
  • Mengencangkan otot
  • Menjaga daya tahan dan imunitas tubuh
  • Menambah kekuatan tubuh
6. Tingi Fosfor
Tulang dan duri dari ikan patin memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi. Kandungan fosfor dan kalsium yang cukup tinggi ini akan membantu memenuhi kebutuhan fosfor dan kalsium dalam tubuh dalam sehari. Selain itu, kalsium dan fosfor juga baik untuk :
  • Membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi
  • Memperkuat tulang dan gigi
  • Mencega osteoporosis

Membudidayakan Ikan Patin

Persiapan Lahan
1. Keringkan kolam sebelum kolam di isi air
2. Taburkan garam grasak untuk membasmi jamur saat penjemuran kolam, besihkan
3. Jangan lupa membersihkan sisa sisa garam dikolam agar air tidak asin karena bisa membunuh ikan
4. Jika menggunakan kolam tanah, ada baiknya menggemburkan tanah sebelum di isi air bila kolam tanah

1. Penebaran Benih Ikan Patin

Hal sangat penting yang sering dilupakan dalam proses tebar ikan patin adalah proses tebar bibit patin yang salah, berikut ini beberapa tips saat menebar patin.
1.    Siapkan ember untuk perendaman benih ikan sebelum di tebar
2.    Isi air ke dalam ember secukupnya ( ambil air dari kolam yang akan di tebari benih Patin)
3.    Rendamlah benih ikan patin selama 15 menit untuk adaptasi dengan air kolam yang baru.
Penting untuk di perhatikan saat perendaman benih di kolam Biarkan ikan berenang sendiri kekolam dan jangan di tuang,  langsung, tunggu saja sampai ikan berenang sendirinya karena jika langsung dituang akan membuat ikan strees dan tidak mau makan, sehingga akhirnya mati.

2. Pemberian Makan 

Untuk pemberian makanan biasanya dalam sehari ikan patin di berikan makan 2 – 3 kali, yaitu pagi, agak sore dan habis magrib.
Jangan memberikan makanan terlalu sedikit karena akan membuat ikan kurang makan, dan jangan terlalu berlebihan karena sisa makanan yang tidak dimakan akan membuat koolam kotor dan mengganggu ikan.
3. Modal Memulai usaha Budidaya Ikan Patin
Untuk Kolam dengan ukuran 7 x 10 meter dengan kedalaman air  mencapai 120 cm Mampu menampung 6.000 ekor bibit ikan dengan ukuran bibit 1 inch atau sebesar sedotan air minum. 
Modal:
Untuk modal sebenarnya relatif tapi saya akan memberikan gambaran modal yang di butuhkan untuk memulai usaha ini.
  • Bibit ikan 1 inch    Rp.        150
  • Pakan apung pf.1000    Rp. 130.000
  • Pakan apung 781-2    Rp. 200.000
  • Obat    Rp.   25.000 – 100.000
  • lain lain –
4. Keuntungan
  • Harga jual ikan patin dipasaran berkisar antara Rp.14.000
  • Prakiraan hasil penghitungan umum selama 7 bulan,panen 1kg isi 3 ekor. 
  • jadi 6.000 ekor ikan Patin di bagi 3 ekor = 2.000 kg dikalikan harga konsumsi Rp.14.000/kg =Rp.28.000.000
  • Pendapatan jual = Rp.28.000.000 (belum di kurangi modal)
tentu saja angka angka diatas barulah perkiraan dan pada prakkteknya bisa saja jauh berbeda.
Ikan Patin ini tidak kanibalisme sehingga aman meskipun dipelihara dengan berbagai ukuran. ikan ini termasuk ikan yang mudah untuk dibudidayakan dan pemberian pakanpun tidak mengeluarkan modal yang terlalu banyak, serta harga jualnya pun mahal dipasaran, tapi memang ikan patin ini tidak seperti ikan lainya, ikan patin ini memang agak lama panennya.
( Sumber : www.berwirausaha.net )


Demikianlah Artikel Inilah Budidaya Ikan Patin Dan Manfaat Ikan Patin

Sekianlah artikel Inilah Budidaya Ikan Patin Dan Manfaat Ikan Patin kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Budidaya Ikan Patin Dan Manfaat Ikan Patin dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2017/12/inilah-budidaya-ikan-patin-dan-manfaat.html

0 Response to "Inilah Budidaya Ikan Patin Dan Manfaat Ikan Patin"

Posting Komentar