Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Cara Budidaya Ikan Gabus

Cara Budidaya Ikan Gabus - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Budidaya Ikan Gabus, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Ikan, Artikel Budidaya Ikan Gabus, Artikel Cara Budidaya Ikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Budidaya Ikan Gabus
link : Cara Budidaya Ikan Gabus

Baca juga


Cara Budidaya Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang banyak dijumpai di sungai dan rawa-rawa. Ikan gabus termasuk ikan predator atau kanibal karena bisa memangsa ikan-ikan lain yang ukurannya lebih kecil, serangga, serta kodok yang menjadi incaran makanannya. Ciri - ciri dari ikan gabus yaitu mempunyai tubuh bulat memanjang seperti peluru kendali, berkepala besar lumayan pipih seperti kepala ular, dan ikan gabus mempunyai sisik-sisik besar di atas kepalanya. Sehingga ikan gabus dinamakan ikan snakehead (ikan kepala ular). Dalam bahasa Jawa ikan gabus dinamakan ikan kutuk.

Ciri-ciri lain dari ikan gabus ialah mempunyai gerakan yang pasif, yaitu berpindah tempat dari satu ketempat yang lain lalu diam. Ikan gabus juga mampu bersembunyi dengan mengubur dirinya ke dalam lumpur untuk menghindari ancaman. Hal ini karena ikan gabus memiliki labirin yang berfungsi untuk menyimpan oksigen. Ikan gabus dapat bertahan hidup di darat tetapi hanya beberapa saat.

Ikan gabus ataupun ikan kutuk memiliki rasa daging yang cukup lezat serta permintan pasar yang cukup tinggi. Sebab jumlah produksi ikan gabus masih sedikit. Untuk memenuhi permintaan pasar sebagian besar masih mengandalkan hasil tangkapan dari alam sehingga masih memiliki potensi yang sangat bagus untuk dibudidayakan.

Langkah Langkah Ternak Ikan Gabus

Penebaran Bibit Ikan Gabus
Langkah selanjutnya adalah melakukan penebaran benih ikan gabus. Sebelum benih ikan gabus anda sebarkan, masukan tanah yang bercampur dengan kotoran hewan ke dalam kolam sampai setinggi kurang lebih sekitar 30 cm. Kemudian masukkan air yang sudah diberi larutan Biodicon DF setinggi 50-100 cm. Lalu diamkan air selama 1 minggu, air jangan dialirkan agar tumbuh plankton sebagai makanan alami ikan. Setelah itu tebarkan benih ikan gabus ke dalam kolam, dan jangan diberi makan selama kurang lebih sekitar2 hari.

Pemberian Pakan Ikan Gabus
Berikan pakan secara rutin, karena sifat ikan gabus yang predator/kanibal. Sehingga jika telat memberi makan akan memakan ikan lain yang lebih kecil.
Dalam pemberian pakan, untuk ukuran 10.000 bibit ikan gabus membutuhkn sekitar 2kg pakan setiap harinya. Untuk pakan atau pelet ikan gabus seharusnya diperhatikan komposisinya. Komposisi pakan ikan gabus ialah lemak 15%, karbohidrat 10%, protein 15%,dan 60% sisa ampas dapur seperti anakan rayap,ikan teri, dan sisa daging.
Bisa juga kita membuat pakan lain dengan komposisi 50% dedak, 20% ikan teri, jagung 10%, dan ampas tahu 20%. Cara membuatnya, giling bahan tersebut menjadi satu, kemudian dijemur hingga kering. dan haluskan pakan sebelum diberikan.

Panen Budidaya Ikan gabus

Ikan gabus dapat dipanen secara bertahap sesuai kebutuhan pasar. Ikan gabus mempunyai daya tahan yang lebih tinggi sehingga jika dipanen bertahap tidak akan stres seperti lele atau patin. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya lakukan penyortiran ukuran secara rutin setiap 1 bulan sekali.



Demikianlah Artikel Cara Budidaya Ikan Gabus

Sekianlah artikel Cara Budidaya Ikan Gabus kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Budidaya Ikan Gabus dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2017/11/cara-budidaya-ikan-gabus.html

0 Response to " Cara Budidaya Ikan Gabus"

Posting Komentar