Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Inilah 4 Makanan Alternatif Ikan Nila Selain Pelet

Inilah 4 Makanan Alternatif Ikan Nila Selain Pelet - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Inilah 4 Makanan Alternatif Ikan Nila Selain Pelet, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel 02. Waring Ikan, Artikel Budidaya Ikan, Artikel budidaya ikan nila, Artikel Makanan Ikan Nila, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah 4 Makanan Alternatif Ikan Nila Selain Pelet
link : Inilah 4 Makanan Alternatif Ikan Nila Selain Pelet

Baca juga


Inilah 4 Makanan Alternatif Ikan Nila Selain Pelet

Inilah 4 Makanan Alternatif Ikan Nila Selain Pelet - Ikan nila tergolong binatang omnivora yang mau memakan semua bahan makanan. Larva ikan nila yang baru menetas akan kehabisan kuning telurnya pada rentang usia 2-4 hari. Kemudian benih ikan nila hanya memakan plankton. Barulah setelah tumbuh cukup besar, ikan nila akan memakan jasad-jasad renik yang hidup di bagian dasar perairan. Misalnya yaitu tubifex, larva chironomus, moluska kecil, cacing oligochaeta, dan lain-lain.
Permintaan pasar yang cukup tinggi, budidaya ikan nila mempunyai potensi yang sangat besar. Tetapi para petani harus pintar dalam mengelola pakan tersebut seiring dengan melambungnya harga dasar semua bahan baku pakan. Sebab biaya operasional untuk pengadaan pakan ikan nila ini besar sekali mencapai 60-70 persen. Selain makanan pokok berupa pelet ikan tipe FF-999, 781, 781-SP, atau 781-2, Anda juga harus menyiapkan pakan alternatif sebagai tambahannya. Pemberian pakan alternatif ini bisa dimulai setelah ikan nila berusia sebulan.
Di bawah ini rekomendasi pakan alternatif yang bisa Anda berikan kepada ikan nila yang dipelihara!
  1. Ampas Kelapa
Ampas kelapa ialah limbah rumah tangga yang mengandung nilai nutrisi yang cukup tinggi. Ampas kelapa masih menyimpan protein yang bagus untuk pertumbuhan ikan nila. Anda bisa menaburkan pakan ini sedikit demi sedikit ke kolam pemeliharaan sambil terus memperhatikan respons dari ikan nila. Kalau mau lebih efektif, Anda bisa menggunakan ampas kelapa sebagai bahan campuran pembuatan pelet ikan. Jangan ragu melakukan fermentasi ampas kelapa ini supaya daya tahannya lebih lama.
  1. Sayur-mayur
Anda yang tinggal di dekat pasar akan mudah menemukan limbah sayur-mayur. Daripada membiarkannya membusuk menjadi limbah, lebih baik manfaatkan sayuran tersebut sebagai pakan alternatif untuk ikan nila. Sayuran mengandung vitamin dan mineral yang berguna untuk mendukung kesehatan ikan. Sayangnya pemberian pakan berupa sayuran ini tidak memberikan pengaruh yang signifikan bagi pertumbuhan ikan nila.
  1. Roti Kadaluwarsa
Sungguh beruntung jika di dekat kolam pemeliharaan ikan nila yang Anda, terdapat sebuah pabrik pengolahan roti. Karena Anda dapat membeli roti-roti kadaluwarsa yang sudah tidak bisa dijual lagi dengan harga yang sangat murah. Selanjutnya gunakan roti ini sebagai pakan tambahan untuk ikan nila. Walaupun sudah kadaluwarsa, roti tersebut sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan ikan berkat melimpahnya kandungan nutrisi di dalamnya. Tetapi pakan ikan berupa roti ini hanya boleh diberikan apabila kolam diisi dengan air yang mengalir.
  1. Tanaman Azolla
Azolla ialah tanaman paku air yang hidup secara terapung di permukaan air. Kabar baiknya ialah ikan nila suka memakannya. Dengan memanfaatkan azolla, biaya untuk pengadaan pakan dapat ditekan hingga mencapai 20 persen atau setara dengan Rp 9.000/kg ikan nila. Bahkan untuk target budidaya yang lebih besar lagi, penghematan anggaran bisa mencapai lebih dari 25-30 persen.


Demikianlah Artikel Inilah 4 Makanan Alternatif Ikan Nila Selain Pelet

Sekianlah artikel Inilah 4 Makanan Alternatif Ikan Nila Selain Pelet kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah 4 Makanan Alternatif Ikan Nila Selain Pelet dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2017/08/4-jenis-makanan-alternatif-ikan-nila.html

0 Response to "Inilah 4 Makanan Alternatif Ikan Nila Selain Pelet"

Posting Komentar