Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Inilah Tips Untuk Memilih Induk Ikan Bawal Yang Baik

Inilah Tips Untuk Memilih Induk Ikan Bawal Yang Baik - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Inilah Tips Untuk Memilih Induk Ikan Bawal Yang Baik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel 02. Waring Ikan, Artikel Budidaya Ikan, Artikel budidaya Ikan Bawal, Artikel Ikan Bawal, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah Tips Untuk Memilih Induk Ikan Bawal Yang Baik
link : Inilah Tips Untuk Memilih Induk Ikan Bawal Yang Baik

Baca juga


Inilah Tips Untuk Memilih Induk Ikan Bawal Yang Baik

Inilah Tips Untuk Memilih Induk Ikan Bawal Yang Baik - Budidaya ikan bawal dimulai dengan pengadaan ikan-ikan yang akan dijadikan indukan terlebih dahulu. Setidaknya Anda harus membeli sepasang ikan bawal yang kondisinya sudah matang gonad. Artinya ikan bawal tersebut telah siap untuk memijah. Semakin cepat ikan-ikan indukan yang Anda beli melakukan perkawinan, maka peluang untuk mendapatkan keuntungan pun semakin besar karena waktu perawatan ikan indukan yang pendek.
Induk ikan bawal yang baik harus dipersiapkan terlebih dahulu untuk tujuan pembenihan. Ikan bawal yang akan dijadikan sebagai indukan dipilih yang mempunyai kualitas paling bagus karena faktor ini berpengaruh besar terhadap peluang keberhasilan proses pemijahan dan jumlah burayak ikan yang dihasilkan nantinya. Oleh sebab itu menjadi sangat penting bagi para petani ikan seperti Anda memperoleh induk ikan bawal yang unggul.
Tidak semua ikan indukan yang lulus seleksi dapat dipijahkan secara langsung. Beberapa ikan bawal induk tersebut masih belum siap melakukan pemijahan sehingga perlu dipelihara lagi selama beberapa waktu. Sedangkan ikan bawal indukan yang sudah menunjukkan ciri-ciri matang gonad dapat segera dikawinkan dengan pasangannya. Kesalahan dalam menentukan siap tidaknya seekor ikan bawal memijah akan berakibat fatal hingga berujung pada kematian.
Dalam menentukan jenis kelamin ikan bawal, ada beberapa perbedaan yang perlu dicermati antara lain :
  1. Ikan bawal jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih langsing daripada ikan betina. Tubuh ikan bawal betina berbentuk pendek dan melebar.
  2. Tubuh ikan bawal jantan umumnya berwarna kemerah-merahan. Sedangkan warna tubuh ikan bawal betina cenderung lebih gelap.
  3. Jika diraba permukaannya, perut ikan bawal jantan akan terasa kasar. Berbeda dengan perut ikan bawal betina yang terasa lembek karena banyak mengandung lemak.
  4. Bila diurut, ikan bawal jantan akan mengeluarkan sel sperma berwarna keputih-putihan melalui lubang kelaminnya. Sementara untuk ikan bawal jantan akan mengeluarkan sel telur yang warnanya kemerah-merahan sampai kekuningan.
Usia minimal indukan ikan bawal yang pas untuk dipijahkan ialah 3 tahun untuk ikan jantan dan 4 tahun untuk ikan betina. Pada rentang usia tersebut, bobot ikan bawal jantan biasanya 3 kg/ekor. Sementara bobot rata-rata ikan bawal betina saat usianya 4 tahun sekitar 4 kg/ekor. Dengan demikian tingkat fekuditas telur yang mampu dihasilkannya mencapai 100.000 butir/kg. Telur ikan tersebut umumnya memiliki ukuran diameter antara 1,0-1,2 mm dan cenderung seragam.


Demikianlah Artikel Inilah Tips Untuk Memilih Induk Ikan Bawal Yang Baik

Sekianlah artikel Inilah Tips Untuk Memilih Induk Ikan Bawal Yang Baik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Tips Untuk Memilih Induk Ikan Bawal Yang Baik dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2017/07/cara-memilih-induk-ikan-bawal-yang-baik.html

0 Response to "Inilah Tips Untuk Memilih Induk Ikan Bawal Yang Baik"

Posting Komentar