Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Ciri-ciri yang Dimiliki oleh Ikan Mas

Ciri-ciri yang Dimiliki oleh Ikan Mas - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ciri-ciri yang Dimiliki oleh Ikan Mas, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Aneka, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ciri-ciri yang Dimiliki oleh Ikan Mas
link : Ciri-ciri yang Dimiliki oleh Ikan Mas

Baca juga


Ciri-ciri yang Dimiliki oleh Ikan Mas

Apakah ciri-ciri dari ikan mas? Ikan mas adalah ikan air tawar yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Ikan ini dipercaya berasal dari China. Namun saat ini, ikan mas sudah tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Berdasarkan kegunaannya, jenis-jenis ikan mas dapat dikelompokkan menjadi dua golongan yaitu ikan mas hias dan ikan mas konsumsi.

Ikan mas mempunyai postur tubuh yang berbentuk memipih, tegak, dan agak memanjang. Mulutnya berada di ujung kepala bagian tengah serta dapat dijulur dan disembunyikan. Di ujung dalam mulut juga terdapat gigi kerongkongan berupa tiga baris gigi geraham. Sedangkan di bagian anterior mulut tersebut ada dua pasang sungut yang berukuran pendek.

Sebagian besar tubuh ikan mas juga diselimuti oleh sisik. Sisik pada ikan mas tergolong tipe sikloid karena berukuran cukup besar dan berbentuk lingkaran. Ikan mas biasanya memiliki sisik yang berwarna kuning, merah, emas, biru, hijau, atau kombinasi dari warna-warna tersebut. Sisik inilah yang menjadi salah satu faktor penentu keindahan seekor ikan mas.

ciri-ciri-ikan-mas.jpg

Sementara itu, sirip punggung ikan mas berbentuk memanjang. Bagian belakang dari sirip ini memiliki jari yang keras. Berbeda dengan bagian akhirnya yaitu sirip ketiga dan sirip keempat tampak bergerigi. Posisi sirip punggung pada ikan mas berseberangan dengan letak permukaan sirip perut.

Tidak jauh berbeda, rupa sirip dubur ikan mas pun hampir menyerupai sirip punggung. Sirip tersebut mempunyai jari-jari yang keras dengan bagian akhir yang bergerigi. Sedangkan garis rusuknya, baik linea lateralis maupun gurat sisi, tergolong lengkap. Garis ini terletak di bagian pertengahan tubuh dan berbentuk melintang mulai dari tutup insang hingga ke bagian ujung belakang pangkal ekor.

Ikan mas mempunyai sungut berukuran pendek di sekitar mulutnya. Ikan ini juga dibekali dengan penutup insang (opeculum). Ikan mas memiliki sepasang sirip dada, sepasang sirip perut, dan sirip punggung. Sedangkan sirip ekor ikan mas bertipe homoserkal karena bercabang dua dan sama panjang.

Ikan mas dewasa biasanya memiliki panjang tubuh yang berkisar antara 30-60 cm. Sementara untuk berat tubuh ikan mas dewasa rata-rata sekitar 0,5 sampai 4 kg. Namun tidak menutup kemungkinan ikan mas dewasa mampu tumbuh hingga bobotnya mencapai 15-20 k. Ketika sudah dewasa, ikan jantan umumnya mempunyai sirip perut yang berukuran lebih besar dibandingkan dengan sirip perut yang dimiliki oleh ikan mas betina.

Ikan mas adalah binatang omnivora. Ikan ini bisa mengonsumsi tanaman air serta ikan-ikan yang ukurannya lebih kecil. Ikan ini juga sering ditemukan sedang memakan zooplankton, fitoplankton, moluska, krustasea, annelida, telur ikan, udang, serta makroinvertebrata lainnya. Ikan mas secara alami hidup di sungai atau danau yang mempunyai air yang jernih, segar, dan berarus pelan.



Demikianlah Artikel Ciri-ciri yang Dimiliki oleh Ikan Mas

Sekianlah artikel Ciri-ciri yang Dimiliki oleh Ikan Mas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ciri-ciri yang Dimiliki oleh Ikan Mas dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2017/02/ciri-ciri-yang-dimiliki-oleh-ikan-mas.html

0 Response to "Ciri-ciri yang Dimiliki oleh Ikan Mas"

Posting Komentar