Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

8 Cara Merawat Ikan Louhan yang Stres

8 Cara Merawat Ikan Louhan yang Stres - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 8 Cara Merawat Ikan Louhan yang Stres, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hobi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 8 Cara Merawat Ikan Louhan yang Stres
link : 8 Cara Merawat Ikan Louhan yang Stres

Baca juga


8 Cara Merawat Ikan Louhan yang Stres

Bagaimana cara merawat ikan louhan yang sedang stres? Terdapat banyak sekali ikan air tawar yang menarik dan unik sehingga kerap dipelihara sebagai ikan hias. Salah satu di antara ikan tersebut ialah ikan louhan. Keistimewaan ikan louhan terletak pada dahinya yang membesar yang sering disebut sebagai jenong. Ikan ini juga mempunyai corak khas di tubuhnya yang kadang-kadang membentuk suatu huruf.

Berkat keistimewaannya itu, tak ayal ikan louhan menjadi ikan hias yang sangat populer. Ikan ini biasanya dipelihara di akuarium agar dapat dinikmati keindahannya dari sudut pandang samping. Pemeliharaan ikan ini juga terbilang cukup mudah. Anda cukup memperhatikan kebersihan akuarium serta asupan makanannya supaya ikan louhan yang dipelihara terlihat semakin indah.

Namun atas sebab tertentu, ikan louhan dapat mengalami stres. Misalnya pemberian pakan yang tidak sesuai atau kondisi pH air yang tidak cocok membuat ikan ini merasa malas dan kehilangan gairahnya. Pemasangan lampu dengan sorot cahaya yang terlalu terang juga dapat membuat ikan ini merasa tertekan. Apalagi kalau sebelumnya ikan ditempatkan di lokasi yang tenang, kemudian dipindahkan ke tempat yang ramai orang, hampir bisa dipastikan kalau ikan louhan tersebut akan menjadi stres.

merawat-ikan-louhan-stres.jpg

Beberapa ciri-ciri yang ditunjukkan oleh ikan louhan yang sedang stres di antaranya :

  • Warna tubuhnya menjadi pudar atau belang-belang kehitaman
  • Bagian jenong di atas kepalanya mengecil bahkan kempis
  • Nafsu makannya berkurang drastis hingga tidak mau makan
  • Ikan terlihat pasif dan suka menyendiri di sudut akuarium
  • Ikan gampang merasa kaget apabila didekati tangan

Kalau sudah begini, Anda sebagai pemilik harus memberikan bentuk-bentuk perawatan ekstra kepada ikan louhan yang sedang mengalami stres. Berikut ini beberapa kiat yang bisa dicoba!

  1. Pasang water heater untuk menjaga kestabilan suhu di dalam air akuarium. Adapun temperatur yang disarankan berkisar antara 28-31 derajat celsius. Biasanya dalam kondisi yang hangat, ikan akan bergerak lebih aktif dan nafsu makannya meningkat.
  2. Cek kondisi tingkat keasaman pada air tersebut. Anda bisa menggunakan alat khusus untuk mengecek pH air. Jika kondisi air terlampau asam, Anda bisa memberikan air rendaman daun ketapang secukupnya. Hati-hati, jangan terlalu banyak memberikan air daun ketapang karena dapat mengeruhkan akuarium.
  3. Ikan yang sedang stres sebaiknya dipindahkan ke akuarium karantina terlebih dahulu. Setiap akuarium khusus ini hanya boleh diisi dengan seekor ikan louhan. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa lebih mudah dalam memantau kondisi kesehatan ikan dan ikan pun bisa merasakan lebih nyaman.
  4. Usahakan supaya kondisi air senantiasa bersih. Anda bisa memakai sipon untuk menjaga kebersihan akuarium secara lebih efektif.
  5. Akuarium karantina wajib diletakkan pada ketinggian 80 cm di atas permukaan lantai rumah. Ini bertujuan supaya posisi akuarium tetap stabil dan suhu airnya pun terjaga dengan baik.
  6. Ikan louhan yang sedang mogok makan sebaiknya dipuasakan selama 2 hari berturut-turut. Setelah itu, berikan makanan ikan louhan sedikit saja untuk menguji apakah ikan tersebut sudah mau makan. Jika umpan tetap tidak dimangsa dalam waktu lebih dari 10 menit, Anda harus mengambil kembali umpan tersebut agar tidak mengotori air. Lalu berlanjut dengan memberikan umpan yang lebih menggoda selera.
  7. Ciptakan lingkungan yang sangat tenang di sekitar akuarium. Anda bisa menutupi seluruh bagian samping akuarium menggunakan kertas. Jangan lupa juga matikan lampu utama yang berfungsi untuk menerangi akuarium. Hindari menengok ikan secara terus-menerus. Biarkan ikan louhan tersebut beristirahat dengan baik.
  8. Apabila ikan louhan tetap tidak menunjukkan perubahan kondisi yang membaik, Anda bisa memberinya obat penambah nafsu makan atau vitamin khusus untuk ikan. Anda bisa berkonsultasi kepada penjual di toko ikan hias terdekat untuk meminta saran obat apa yang paling cocok untuk menangani kasus tersebut.


Demikianlah Artikel 8 Cara Merawat Ikan Louhan yang Stres

Sekianlah artikel 8 Cara Merawat Ikan Louhan yang Stres kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 8 Cara Merawat Ikan Louhan yang Stres dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2017/02/8-cara-merawat-ikan-louhan-yang-stres.html

0 Response to "8 Cara Merawat Ikan Louhan yang Stres"

Posting Komentar