Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Penyebab dan Cara Mengobati Sisik Arwana Lepas

Penyebab dan Cara Mengobati Sisik Arwana Lepas - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penyebab dan Cara Mengobati Sisik Arwana Lepas, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penyebab dan Cara Mengobati Sisik Arwana Lepas
link : Penyebab dan Cara Mengobati Sisik Arwana Lepas

Baca juga


Penyebab dan Cara Mengobati Sisik Arwana Lepas

Apakah penyebab sisik ikan arwana yang lepas? Bagaimana pula cara mengobatinya? Ikan arwana disebut-sebut sebagai primadonanya ikan air tawar. Bagaimana tidak? Ikan ini mempunyai tubuh yang proporsional, pergerakan yang gemulai, dan tentunya sisik yang terlihat mewah sekali. Itulah kenapa peminat ikan arwana sangat banyak meskipun harganya tergolong mahal.

Sisik memang sangat menentukan kualitas dari ikan arwana yang Anda miliki. Jangan heran kalau ada satu keping sisik ikan saja yang terlepas, maka pemiliknya pasti bakalan pusing bukan main. Faktanya semua ikan arwana bisa kehilangan salah satu sisiknya tanpa sebab yang pasti. Bahkan ikan yang membentur dinding akuarium pun bisa kehilangan beberapa sisiknya. Tapi tenang, sisik yang telah lepas tersebut akan tumbuh kembali secara alami walaupun membutuhkan waktu beberapa bulan tergantung dari umur ikan tersebut.

sisik-ikan-arwana-lepas.jpg

Penyakit Borok

Namun terlepasnya sisik ikan arwana juga dapat disebabkan oleh penyakit yaitu borok. Ciri-cirinya adalah munculnya bintik-bintik merah di perut ikan, sisik terlepas mulai dari pangkal ekor, dan sebagian besar kulitnya berwarna kemerah-merahan. Penyebab utamanya ialah bakteri Lernea yang masuk ke lapisan daging ikan melalui sela-sela sisik. Gejala awalnya yakni bengkak pada bagian tubuh yang terserang dan sisik di sekitarnya tampak berdiri. Jika tidak segera diobati, sisik tersebut akan terlepas sehingga timbul borok di daerah yang terjangkit.

Cara Pengobatan

Ikan arwana yang terkena penyakit ini biasanya juga menunjukkan kehilangan nafsu makan dan stres berkepanjangan. Pengobatan penyakit yang masih dalam stadium pertama bisa dilakukan menggunakan Tetracicline, Furazan Gold, atau Gold 100 yang berbentuk bubuk. Dosis pemberiannya dimulai dari 0,5 gram/10 liter air dan dikurangi seiring dengan proses penyembuhan. Bila perlu, tambahkan pula garam ikan sebanyak 10-25 sendok makan tergantung ukuran akuarium. Terapi ini dilakukan minimal selama 5 hari berturut-turut dengan mengganti air setiap 24 jam.

Selama proses pengobatan berlangsung, Anda perlu memberikan pakan yang bergizi kepada ikan tersebut. Di antaranya seperti jangkrik, belalang, dan katak. Hindari memberikan pakan berupa daging ikan untuk sementara waktu. Dikhawatirkan pakan berupa ikan tersebut mengandung bakteri Lernea cyprinacea atau Argullus indicus yang justru dapat memperburuk kondisi kesehatan ikan arwana kesayangan Anda.



Demikianlah Artikel Penyebab dan Cara Mengobati Sisik Arwana Lepas

Sekianlah artikel Penyebab dan Cara Mengobati Sisik Arwana Lepas kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penyebab dan Cara Mengobati Sisik Arwana Lepas dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2016/11/penyebab-dan-cara-mengobati-sisik.html

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengobati Sisik Arwana Lepas"

Posting Komentar