Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Mengenal Habitat & Asal - Usul Ikan Lele Dumbo

Mengenal Habitat & Asal - Usul Ikan Lele Dumbo - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Mengenal Habitat & Asal - Usul Ikan Lele Dumbo, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Ikan, Artikel Ikan Air Tawar, Artikel Lele Dumbo, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Mengenal Habitat & Asal - Usul Ikan Lele Dumbo
link : Mengenal Habitat & Asal - Usul Ikan Lele Dumbo

Baca juga


Mengenal Habitat & Asal - Usul Ikan Lele Dumbo

ikan lele dumbo
Ikan lele dumbo, sumber gambar: Google

Sejarah singkat ikan lele dumbo (Clarias gariepinus Burchell)

Superperikanan - Ikan lele dumbo merupakan ikan yang didatangkan dari Benua Afrika dan pertama kali sampai ke Indonesia sekira tahun 1984. Jenis lele ini termasuk hibrida yang merupakan pertumbuhan berat cukup luarbiasa bila dibandingkan dengan kerabat dekatnya yaitu ikan lele lokal (Clarias batrachus).

ikan lele dumbo mempunyai rasio pertumbuhan empat kali lebih cepat. Oleh karena demikian, ikan jenis ini bisa dengan mudah menjadi populer di kalangan masyarakat (Santoso, 1994).

Baca juga: Cara Mudah dan Singkat Membuat Kolam Ikan Koi

Habitat ikan lele dumbo

Ikan lele adalah jenis ikan yang hidup di lumpur, ikan ini tidak pernah ditemukan di air payau dan juga juga air asin. Habitatnya aslinya di sungai dengan arus air yang tidak deras,telaga, waduk, rawa, sawah yang digenangi air, semua perairan tawar dapat menjadi lingkungan hidup atau habitat lele dumbo misalnya seperti waduk, danau, bendungan, rawa, dan genangan air tawar lainnya.

Di alam liar, ikan lele dumbo ini memang lebih menyukai air yang arusnya mengalir secara perlahan atau lambat. Aliran air arus yang deras lele dumbo kurang menyukainya (Santoso, 1994).

Lele dumbo asal Afrika ternyata sangat toleransi terhadap suhu air yang cukup tinggi yaitu 20º – 35ºC, selain itu, lele dumbo dapat hidup pada keadaan lingkungan perairan yang buruk.

Kondisi air dengan kandungan oksigen yang sangat rendah lele dumbo masih bisa bertahan hidup, sebab ikan lele dumbo memiliki alat pernapasan tambahan yang disebut organ arborescent (Santoso, 1994).

Nah, itulah habitat ikan lele dumbo yang telah kami ulas dengan detail dan singkat, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca juga: Morfologi Ikan Patin

Sumber: Artikel ini dikutip dari journal "Taksonomi dan Morfologi Ikan Lele".


Demikianlah Artikel Mengenal Habitat & Asal - Usul Ikan Lele Dumbo

Sekianlah artikel Mengenal Habitat & Asal - Usul Ikan Lele Dumbo kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Habitat & Asal - Usul Ikan Lele Dumbo dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2018/03/mengenal-habitat-asal-usul-ikan-lele.html

0 Response to "Mengenal Habitat & Asal - Usul Ikan Lele Dumbo"

Posting Komentar