Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Inilah Cara Budidaya Ikan Guppy yang Benar

Inilah Cara Budidaya Ikan Guppy yang Benar - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Inilah Cara Budidaya Ikan Guppy yang Benar, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Budidaya Ikan, Artikel budidaya ikan guppy, Artikel budidaya ikan hias, Artikel Waring Ikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah Cara Budidaya Ikan Guppy yang Benar
link : Inilah Cara Budidaya Ikan Guppy yang Benar

Baca juga


Inilah Cara Budidaya Ikan Guppy yang Benar

Ikan guppy merupakan  salah satu ikan yang biasanya digunakan sebagai ikan hias di aquarium rumah anda ataupun ditaruh di kolam kecil rumah Anda. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara khusus mengenai cara budidaya ikan guppy. Ikan guppy ternyata adalah salah satu ikan yang memiliki tingkat perkembangan yang tinggi. Ikan ini cepat sekali berkembangbiak dan cara perawatannya pun sangat mudah.

Cara budidaya ikan guppy supaya ikan guppy bisa cepat hamil dan cepat beranak adalah dengan memilih bibit yang unggul baik bibit jantan ataupun bibit betina. Pertama, pilihkan indukan yang bagus dari guppy betina yang berumur antara tiga sampai empat bulan dengan kualitas terbaik yang sudah di pisahkan. Pilihlah indukan jantan dengan kualitas terbaik yang bisa Anda pilih dengan memperhatikan beberapa ciri-ciri yaitu ikan guppy yang memiliki warna paling indah yang sama dengan induknya.


Cara Budidaya Ikan Guppy
Hal yang harus Anda persiapkan untuk memulai budidaya ikan guppy adalah lokasi dan tempat yang cocok. Anda bisa menyiapkan kolam yang terbuat dari semen atau yang terbuat dari terpal, aquarium, atau jika Anda tidak memiliki keduanya Anda bisa menggunakan ember dengan masing-masing ukuran sekitar 30cm x 30cm. Pemisahan jantan dan betina bisa Anda gunakan sebagai salah satu cara budidaya ikan guppy agar cepat hamil. Pemisahan 2 betina dan 1 jantan juga bisa dilakukan dengan tahap perkawinan massal yaitu dengan menyediakan 10 betina dan 5 jantan atau pisahkan ikan-ikan tersebut dan pindahkan ke dalam kolam atau ember yang khusus digunakan untuk perkawinan ikan guppy secara massal.

Perkawinan massal tersebut dapat menjadi salah satu cara alternatif untuk budidaya ikan guppy dalam waktu singkat. Perkawinan massal tersebut bisa berlangsung dalam waktu yang cukup lama yaitu sekitar 1 minggu sampai dengan 2 minggu atau 14 hari. setelah dua minggu, pemisahan kembali dilakukan dengan memilah ikan betina dan ikan jantan. Ikan betina yang sudah hamil ditandai dengan bentuk perut ikan betina yang sudah membuncit dan ada beberapa titik hitam di sekitar perutnya.

Titik hitam tersebut merupaka mata dari calon bibit ikan guppy tersebut. proses pemijahan yang berhasil selanjutnya dilakukan dengan memisahkan kedua bibit sehingga tidak lagi diganggu oleh ikan jantan. Waktu yang dibutuhkan untuk kehamilan ikan guppy memiliki periode 30 hari dan dari satu induk bisa menghasilkan 20-50 ekor ikan guppy kecil. Pemberian asupan nutrisi yang baik bisa Anda jadikan sebagai tips jitu sebagai salah satu cara budidaya ikan guppy sehingga proses kehamilan yang pada umumnya berlangsung antara 25-30 hari bisa ditempuh dalam waktu yang lebih singkat. Perawatan ekstra juga bisa Anda lakukan untuk menyempurnakan proses percepatan kehamilan tersebut. Kutu air dan cacing adalah salah satu jenis makanan yang sangat cocok dikonsumsi oleh ikan guppy yang sedang hamil yang bisa Anda berikan secara rutin setiap pagi dan sore hari.

Tanaman air banyak diperlukan sebelum indukan ikan guppy melahirkan, tanaman air dapat digunakan untuk tempat sembunyi ikan-ikan guppy karena ikan guppy cenderung kanibal terhadap anak-anak yang baru saja ia lahirkan. Ikan guppy yang melahirkan antara 20-50 ekor makan ikan atau bibit tersebut bisa digunakan sebagai bibir pemijahan kembali setelah 2 minggu pasca melahirkan anak-anaknya. Untuk perawatan ikan guppy yang baru saja lahir bisa Anda tempuh dengan cara yang mudah yaitu dengan tidak langsung memberi makan ikan-ikan tersebut meskipun baru lahir. Anda bisa memberikan pakan kepada ikan tersebut setelah 3-5 hari dengan memberi makan artemia atau infusoria.

Ikan guppy mempunyai bentuk yang cantik dengan warna-warna dan perpaduan yang indah ini sudah tentu menjadi incaran banyak kalangan sehingga sudah tentu Anda harus mencoba beberapa cara budidaya ikan guppy yang sudah kita jelaskan di atas. Kualitas air di suatu daerah ternyata bisa diukur dengan memperhatikan daur hidup ikan guppy. Ikan ini hanya bisa hidup di air yang jernih. Ikan ini ternyata ikan yang berasal dari Amerika tengah dan Amerika latin atau Amerika selatan.

Sekitar tahun 1920-an, ikan guppy dibawa ke Indonesia dan dinobatkan sebagai ikan aquarium tetapi selanjutnya dilepaskan di perairan bebas sehingga sekarang ikan ini menyebar di seluruh Indonesia. Ikan guppy mempunyai banyak jenis sehingga untuk membedakannya, Anda bisa memperhatikan bentuk ekor dari setiap ikan guppy. Nah, jika Anda adalah penyuka ikan hias dan secara tidak langsung tertarik dengan budidaya ikan guppy.
 ( Sumber : www.blogikanhias.com )


Demikianlah Artikel Inilah Cara Budidaya Ikan Guppy yang Benar

Sekianlah artikel Inilah Cara Budidaya Ikan Guppy yang Benar kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Cara Budidaya Ikan Guppy yang Benar dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2017/12/inilah-cara-budidaya-ikan-guppy-yang.html

0 Response to "Inilah Cara Budidaya Ikan Guppy yang Benar"

Posting Komentar