Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Inilah Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

Inilah Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Inilah Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal , kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Air Tawar, Artikel Budidaya Ikan, Artikel Budidaya Ikan di Kolam Terpal, Artikel budidaya ikan nila, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Inilah Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal
link : Inilah Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

Baca juga


Inilah Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

Inilah Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal  - Dengan modal tidak besar, sobat pembaca bisa memulai untuk usaha budidaya ikan nila merah. Dan kita juga dapat memulainya dilingkungan sekitar tempat tinggal kita sendiri. Berikut ini beberapa tips dan trik yang dapat admin bagikan.

Membuat Kolam Terpal Untuk Budidaya Ikan Nila

  1. Cari posisi tanah yang langsung terkena sinar matahari dan cukup luas untuk pembuatan kolam.
  2. Gali tanah sesuai dengan luas kolam yang anda inginkan dengan kedalaman ± 50 cm.
  3. Tanah hasil galian tadi digunakan untuk tanggul di sisi kolam dan dipadatkan supaya tanggul tersebut kuat lalu permukaan tanggul diberi batako / bata merah supaya permukaannya rata.
  4. Setelah penggalian selesai, selanjutnya dasar kolam diberi sekam secar merata.
  5. Terpal siap dipasang dan diisi air.
  6. Diatas terpal diberi batako / bata merah lagi supaya aman dan rapi. Hal ini dimaksudkan juga supaya terpal tidak gampang berubah posisi, terutama saat angin berhembus lumayan kencang.

  Persiapan Kolam

  • Pengeringan kolam.
  • Perbaikan pematang, saluran pemasukkan dan pengeluaran.
  • Pengapuran dengan ukuran 25-1000 gram/m2.
  • Pemupukan dengan pupuk kandang 500 gram/ M2, urea 15 gram/ m2 dan TSP gram/ m2.
  • Pengisian air kolam.
  • Dapat dilakukan penyemprotan dengan pestisida.
  • Untuk mencegah hewan/ ikan lain masuk, maka dapat dipasang saringan pada pintu masuk air.
  • Masukkan air sampai kedalaman 80 – 150 cm, kemudian tutup pintu pemasukkan dan pengeluarannya, biarkan air tergenang.
  • Penebaran Ikan Nila dilakukan setelah 5 – 7 hari pengisian air kolam.

Menebar Benih Ikan Nila

Setelah proses persiapan kolam sudah selesai dengan baik, pada hari yang kelima - hari ketujuh setelah masa pengisian air kolam dilakukan akan dilakukan penebaran benih ikan nila. Dalam hal ini yang perlu diperhatikan adalah ukuran benih ikan yang disebarkan hendaknya berukuran antara 8-12 cm atau dengan ukuran berat 30 gram/ekor dengan pada tebar sekitar 5-10 ekor/m2. Pemeliharaan ikan nila dilakukan selama 6 bulan atau hingga ukuran berat ikan nila sudah mencapai 400-600 gram/ekor.

Pemberian Makan Ikan Nila

  • Protein 20-30%
  • Lemak 70% (maksimal.)
  • Karbohidrat 63 – 73%
  • Pakanyaberupa hijau-hijauan diantaranya adalah : Kaliandra, Kalikina atau kecubung, Kipat, Kihujan

Panen Ikan Nila

Pemanenan ikan nila bisa dilakukan setelah masa pemeliharaan 4 – 6 bulan. Ikan nila pada usia 4-6 bulan pemeliharaan akan memiliki berat yang bevariasi, yaitu antara 400-600 gram/ekor. Bila ukuran berat dari masing-masing ikan dirasa belum maksimal, maka pemanenan bisa juga dilakukan dengan sistem bertahap, dimana hanya dipilih ukuran konsumsi (pasar). Pada tahap pertama dengan menggunakan jaring dan setiap bulan berikutnya secara bertahap.
(sumber : www.farrayroom.blogspot.co.id)


Demikianlah Artikel Inilah Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal

Sekianlah artikel Inilah Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2017/11/inilah-cara-budidaya-ikan-nila-di-kolam.html

0 Response to "Inilah Cara Budidaya Ikan Nila Di Kolam Terpal "

Posting Komentar