Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

4 Cara Untuk Memijahkan Ikan Piranha Di Akuarium

4 Cara Untuk Memijahkan Ikan Piranha Di Akuarium - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 4 Cara Untuk Memijahkan Ikan Piranha Di Akuarium, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel 02. Waring Ikan, Artikel Budidaya Ikan, Artikel Hobi, Artikel ikan piranha, Artikel Perawatan ikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 4 Cara Untuk Memijahkan Ikan Piranha Di Akuarium
link : 4 Cara Untuk Memijahkan Ikan Piranha Di Akuarium

Baca juga


4 Cara Untuk Memijahkan Ikan Piranha Di Akuarium

4 Cara Untuk Memijahkan Ikan Piranha Di Akuarium - Ikan piranha ialah ikan karnivora yang terkenal akan keganasannya. Ikan ini mempunyai gigi yang runcing dan tajam mirip seperti ikan hiu. Di sepanjang tubuh bagian bawahnya berwarna merah sehingga terlihat menarik. Habitat alami ikan ini terletak di Sungai Amazon, mulai dari Brasil sampai Venezuela. Ikan piranha terdiri atas beberapa jenis. Ikan ini akan menunjukkan perangainya yang sangat agresif ketika bobotnya berkisar 600 - 700 gram.
Ikan piranha hidup secara bergerombol. Apalagi kalau sudah mendapatkan mangsanya, gerombolan ikan piranha akan bertambah banyak. Menariknya walaupun ikan piranha ialah ikan air tawar yang sangat ganas, penduduk lokal sering menangkap ikan piranha untuk di konsumsi. Sedangkan beberapa penghobi di Indonesia sengaja memelihara ikan piranha sebagai ikan hias. Sebuah kebanggaan tersendiri jika berhasil memelihara ikan yang paling buas di dunia ini.
Buat Anda yang sudah mempunyai ikan piranha di rumah, Anda dapat memperbanyak jumlah ikan tersebut dengan mendorong pemijahan antara ikan tersebut. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini!
  1. Persiapan Tempat
Anda dapat menyiapkan tempat pemijahan berupa akuarium yang mempunyai ukuran 100 x 50 cm dengan tinggi 50 cm. Masukkan 2 - 3 tempat bertelur berupa batu ceper, keramik halus, atau piring. Tempat bertelur ini nantinya akan digunakan oleh beberapa pasangan ikan piranha sekaligus. Untuk memicu agar indukan ikan piranha meletakkan telurnya di tempat yang telah kita siapkan, Anda harus memberikan lapisan pasir setinggi 5-10 cm di dasar akuarium. Lalu tambahkan beberapa tanaman air sebagai tempat persembunyian ikan supaya merasa nyaman. Ada baiknya seluruh dinding akuarium dilapisi karton sehingga ikan-ikan dapat melakukan pemijahan dengan tenang.
  1. Penjodohan Ikan
Cukup sulit memang untuk mengetahui jenis kelamin ikan piranha secara tepat. Hal ini dikarnakan perbedaan fisik dan perilaku antara ikan piranha jantan dan ikan piranha betina tidak begitu mencolok. Oleh sebab itu, Anda harus membiarkan ikan piranha menemukan jodohnya sendiri-sendiri. Caranya yakni memasukkan beberapa ikan piranha ke dalam sebuah wadah. Ikan yang terlihat sering bersama-sama dan berkejar-kejaran berarti sudah merasa saling cocok. Segera pindahkan pasangan ikan tersebut ke akuarium pemijahan.
  1. Pemijahan Ikan
Ikan piranha hanya akan melakukan perkawinan dengan jodohnya saja. Setel water heater agar suhu air cukup hangat untuk memicu meningkatnya birahi ikan. Anda juga dapat mengganti air di akuarium setiap hari supaya ikan piranha yang hidup di dalamnya terdorong supaya cepat melakukan perkawinan. Apabila dalam waktu seminggu ikan belum juga mengeluarkan telur, Anda harus mengganti air akuarium hingga volumenya mencapai 3/4.
  1. Pemeliharaan Burayak
Burayak atau anakan ikan piranha yang baru menetas dari telurnya tidak perlu diberikan makanan terlebih dahulu sebab masih mempunyai cadangan makanan di kantung telurnya. Selanjutnya pada hari kelima, ikan ini dapat dikasih pakan berupa kutu air secukupnya. Setelah itu bentuk tubuh ikan piranha sudah menyerupai ikan dewasa, Anda dapat memberikan cacahan daging. Selain bersifat karnivora, ikan piranha juga merupakan kanibal. Ikan ini tidak segan-segan memakan ikan piranha lain yang berukuran lebih kecil. Jadi usahakan Anda terus mengontrol keseragaman ukuran ikan piranha yang ada di suatu akuarium supaya tidak saling memangsa.


Demikianlah Artikel 4 Cara Untuk Memijahkan Ikan Piranha Di Akuarium

Sekianlah artikel 4 Cara Untuk Memijahkan Ikan Piranha Di Akuarium kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 4 Cara Untuk Memijahkan Ikan Piranha Di Akuarium dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2017/06/cara-memijahkan-ikan-piranha-yang-anda.html

0 Response to "4 Cara Untuk Memijahkan Ikan Piranha Di Akuarium"

Posting Komentar