Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Labarin dan Fungsinya pada Ikan

Labarin dan Fungsinya pada Ikan - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Labarin dan Fungsinya pada Ikan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Labarin dan Fungsinya pada Ikan
link : Labarin dan Fungsinya pada Ikan

Baca juga


Labarin dan Fungsinya pada Ikan

Ikan labirin atau Anabantoidei merupakan ikan yang memiliki organ labirin di dalam tubuhnya sehingga ikan ini dapat mengambil oksigen langsung dari udara di atas permukaan air.

"alat bantu pernafasan ikan"
Labirin pada organ tubuh ikan ini adalah sebuah alat pernapasan tambahan pada ikan berupa lipatan-lipatan epithelium pernapasan. alat tambahan ini merupakan turunan dari lembar insang pertama.

Labirin terletak pada suatu rongga di belakan atau di atas insang. Dengan adanya alat tambahan ini, ikan mampu hidup serta bertahan di perairan yang kurang oksigen, asalkan permukaan perairan terdapat udara bebas.

Hal ini terjadi lantaran pada habitat alamnya sewaktu-waktu bisa terjadi kondisi di mana kandungan oksigen dalam air berkurang atau memang tak tersedia dalam jumlah yang banyak sehingga ikan-ikan yang memiliki labirin bisa dengan lancar beradaptasi dengan berbagi kondisi air dan lingkungan dan memiliki daya tahan yang baik.
 
Misalkan ikan guramih, ikan lele dan ikan gabus. Ikan yang hidup di tempat berlumbur memiliki labirin yang merupakan perluasan insang, berbentuk lipatan berongga yang tidak teratur. Labirin memiliki pembuluh darah kapiler yang mampu mengambil oksigen langsung dari udara.  Udara ditampung di rongga labirin saat akan muncul di permukaan air.

Kalau ikan labirin tidak punya kesempatan mengambil okesigen langsung dari udara bebas karena permukaan air tertutup sama sekali maka ikan akan mati


Demikianlah Artikel Labarin dan Fungsinya pada Ikan

Sekianlah artikel Labarin dan Fungsinya pada Ikan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Labarin dan Fungsinya pada Ikan dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2017/05/labarin-dan-fungsinya-pada-ikan.html

0 Response to "Labarin dan Fungsinya pada Ikan"

Posting Komentar