Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Hobi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus
link : Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Baca juga


Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Bagaimana cara memilih ikan cupang aduan yang bagus? Tahukah Anda, ikan cupang merupakan ikan air tawar yang tergolong dalam famili Osphronemidae di genus Betta. Konon ikan ini berasal dari kawasan Asia Tenggara. Ikan cupang terkenal akan bentuk dan karakteristik tubuhnya yang unik.

Ikan cupang mempunyai daya bertahan hidup yang sangat bagus. Ikan ini masih bisa hidup dengan baik meskipun ditempatkan di wadah yang berisi sedikit air. Pemeliharaan ikan ini pun tidak perlu dilengkapi dengan aerator. Ikan cupang juga mempunyai sifat yang agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Oleh karena itu, selain dijadikan sebagai ikan hias, ada banyak pula penghobi ikan cupang aduan.

cara-memilih-ikan-cupang.jpg

Harga ikan cupang aduan yang bagus bisa mencapai ratusan hingga jutaan rupiah. Jadi proses pemilihannya pun harus dilakukan dengan baik-baik agar tidak tertipu oleh penjual yang nakal. Biar tidak keliru, perhatikan kiat-kiat di bawah ini!

  1. Perihal Nomor Seri

Pada saat Anda berniat untuk membeli seekor ikan cupang, jangan pernah sekali pun menanyakan nomor serinya kepada si penjual. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan nomor seri tersebut telah dipalsukan sehingga membuat harga ikan cupang semakin meroket. Pedagang yang tidak jujur cenderung akan menyebutkan nomor seri yang sedang terkenal meskipun ikan pilihan Anda tidak berasal dari nomor seri tersebut.

  1. Cermati Nomor Seri

Setiap stoples yang menjadi wadah pemeliharaan ikan cupang aduan selalu dilengkapi dengan nomor seri. Perhatikan nomor seri ikan tersebut dengan seksama. Apabila karakteristik ikan cupang di dalam stoples tidak sesuai dengan nomor serinya, maka ikan tersebut sudah dipalsukan. Segera tinggalkan penjual tersebut.

  1. Tulang Sirip Ekor

Anda perlu mengamati guratan yang terdapat pada tulang sirip ekor ikan cupang. Jika kondisi guratan tersebut sudah tidak lurus atau warnanya berbeda dari biasanya, berarti ikan cupang ini pernah diadu sebelumnya. Dalam dunia ikan cupang aduan, ikan yang pernah diadu disebut dengan istilah ikan seken.

  1. Sisik Pangkal Ekor

Kalau bisa, periksa pula bagian sisik yang ada di sekitar pangkal ekor ikan cupang. Jika susunan sisik pada pangkal siripnya tidak rapat, kemungkinan besar sisik tersebut baru saja tumbuh. Artinya ikan cupang tersebut juga tergolong sebagai ikan seken.

  1. Guratan Sisik di Kepala

Faktor penting selanjutnya, Anda juga perlu meneliti keadaan kepala ikan cupang aduan yang dipilih. Anda bisa mengetahui usia seekor ikan cupang lewat guratan-guratan yang terdapat di bagian kepalanya. Ikan cupang yang telah berumur lebih dari 8 bulan mempunyai beberapa guratan sisik yang timbul di bagian kepala ikan cupang tersebut.

  1. Gigi yang Tajam

Ikan cupang aduan yang bagus wajib dilengkapi dengan gigi yang tajam. Anda bisa mengeceknya dengan memperhatikan ring bibir ikan tersebut dari sudut atas stoples. Cupang yang mempunyai gigi tajam memiliki bintik-bintik kecil berwarna hitam di bibir bagian bawah sebelah dalamnya.

  1. Sisik yang Kuat

Ikan cupang aduan juga harus diselimuti oleh sisik yang kuat. Hal ini ditandai dengan susunan sisik tadi yang merata di seluruh permukaan ikan cupang. Sisik ikan yang kuat pun biasanya memiliki warna yang lebih cerah.



Demikianlah Artikel Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus

Sekianlah artikel Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2016/12/cara-memilih-ikan-cupang-aduan-yang.html

0 Response to "Cara Memilih Ikan Cupang Aduan yang Bagus"

Posting Komentar