Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

6 Tips Memilih Indukan Ikan Nila yang Baik

6 Tips Memilih Indukan Ikan Nila yang Baik - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul 6 Tips Memilih Indukan Ikan Nila yang Baik, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel budidaya ikan nila, Artikel Cara Budidaya Ikan, Artikel Ikan Nila, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : 6 Tips Memilih Indukan Ikan Nila yang Baik
link : 6 Tips Memilih Indukan Ikan Nila yang Baik

Baca juga


6 Tips Memilih Indukan Ikan Nila yang Baik

Apakah Anda memerlukan tips memilih indukan ikan nila yang baik? Ikan nila (Oreochromis niloticus) adalah ikan air tawar yang sering dibudidayakan untuk konsumsi. Ikan ini dipercaya berasal dari Afrika bagian timur. Ikan nila dapat berkembang hingga panjang tubuhnya mencapai 30 cm. Tubuh ikan ini berwarna hitam keabu-abuan dan bercorak pita gelap melintang.
Ketika ukurannya masih kecil, perbedaan ikan jantan dan betina belum dapat diketahui dengan pasti. Perbedaan jenis kelamin pada ikan nila baru bisa terlihat secara jelas ketika bobot tubuhnya sudah mencapai 50 gram. Ikan nila jantan mempunyai lubang anus dan lubang genital berupa tonjolan kecil yang berbentuk meruncing. Ikan nila jantan juga mempunyai warna yang lebih gelap dan tulang rahang yang melebar ke belakang. Sedangkan ciri utama ikan nila betina ialah mempunyai perut yang berukuran lebih besar.
Agar budidaya ikan nila yang Anda lakukan membuahkan hasil yang maksimal, wajib hukumnya bagi Anda untuk menggunakan indukan yang unggul. Harapannya indukan tersebut mampu melahirkan benih-benih ikan nila yang kualitasnya baik. Apa sajakah faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam memilih indukan ikan nila?
memilih-indukan-ikan-nila.jpg
  1. Mampu Memproduksi Benih yang Baik
Seperti yang sudah kamu sebutkan di atas, untuk mendapatkan indukan yang mampu memproduksi benih yang baik, pilihlah indukan yang unggul. Indukan tersebut harus berasal dari varietas unggul, kondisinya sehat, dan tidak memiliki cacat. Indukan juga harus dalam kondisi yang matang serta dipilih yang sudah berpasangan.
  1. Indukan Telah Memenuhi Syarat
Sebaiknya pilihlah indukan yang sudah siap untuk melakukan proses pemijahan. Alasannya Anda tidak perlu merawat ikan tersebut lebih lama lagi sehingga dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Syarat utama indukan ikan nila yang bagus yaitu berusia minimal 4-5 bulan dan memiliki bobot tubuh sekurang-kurangnya 120-180 gram.
  1. Tingkat Pertumbuhannya Cepat
Semakin cepat pertumbuhan suatu ikan nila, semakin cepat pula Anda bisa memanennya. Hal ini berarti Anda dapat menghemat biaya, waktu, dan tenaga yang digunakan untuk pemeliharaan ikan tersebut. Salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ikan nila adalah asal usulnya. Disarankan sebelum membeli ikan indukan, lakukanlah survei selama beberapa bulan untuk mengamati pertumbuhan ikan nila di beberapa lokasi.
  1. Responsif dengan Makanan
Ikan nila pada dasarnya merupakan ikan yang rakus. Ikan ini bersifat omnivora. Di habitat alaminya, ikan nila biasanya mengonsumsi tanaman air, plankton, dan ikan-ikan kecil. Ikan nila yang responsif dengan makanan akan sangat menguntungkan saat dibudidayakan karena pertumbuhannya lebih cepat. Di samping itu, ikan nila yang memiliki daya responsif yang tinggi terhadap pakan yang diberikannya juga menandakan kalau kondisi ikan tersebut benar-benar sehat.
  1. Resisten Terhadap Hama dan Penyakit
Anda tidak bisa mencegah sepenuhnya kemungkinan adanya serangan hama dan penyakit yang dapat mengganggu pertumbuhan ikan nila. Oleh sebab itu, selain melakukan pencegahan secara eksternal, Anda pun wajib mencegahnya secara internal yakni dengan memilih ikan nila yang mempunyai daya tahan yang tinggi. Ikan nila yang demikian akan memberikan keuntungan yang besar karena risiko kematiannya lebih kecil.
  1. Mampu Beradaptasi di Kolam
Setelah Anda berhasil memilih indukan ikan nila yang sesuai, lakukanlah proses pemindahan ikan tersebut dari tempat asalnya ke kolam buatan Anda secara hati-hati. Waktu pemindahan sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Amatilah perubahan fisik dan perilaku pada ikan ini dalam rangka adaptasi terhadap lingkungannya. Indukan yang bagus mampu menyesuaikan diri dengan kolam.


Demikianlah Artikel 6 Tips Memilih Indukan Ikan Nila yang Baik

Sekianlah artikel 6 Tips Memilih Indukan Ikan Nila yang Baik kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel 6 Tips Memilih Indukan Ikan Nila yang Baik dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2016/11/6-tips-memilih-indukan-ikan-nila-yang.html

0 Response to "6 Tips Memilih Indukan Ikan Nila yang Baik"

Posting Komentar