Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Teknik Pemijahan Ikan Guppy, Simpel dan Dijamin Sukses

Teknik Pemijahan Ikan Guppy, Simpel dan Dijamin Sukses - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Teknik Pemijahan Ikan Guppy, Simpel dan Dijamin Sukses, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ikan Air Tawar, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Teknik Pemijahan Ikan Guppy, Simpel dan Dijamin Sukses
link : Teknik Pemijahan Ikan Guppy, Simpel dan Dijamin Sukses

Baca juga


Teknik Pemijahan Ikan Guppy, Simpel dan Dijamin Sukses

pemijahan ikan guppy
Ikan guppy dewasa
Budidaya ikan guppy memang cukup menjanjikan untuk saat ini, pasalnya ikan hias berwarna cantik dan tubuh mungil memiliki segudang peminat, tak jarang para kolektor ikan hias begitu ingin memiliki ikan ini di rumahnya.

Selain faktor di atas, penambahan daya tarik masyarakat terhadap ikan guppy  karena memiliki warna yang lebih cerah dan sirip ekor yang lebar dengan corak warna yang sangat bervariasi, indah sekali.

Oleh karena itu, pelaku budidaya ikan hias guppy akan dikocor dengan rupiah yang melimpah jika serius menggarap budidaya ikan yang berasal dari keluarga  Poeciliidae ini.

Ikan guppy juga termasuk salah satu diantara ikan hias air tawar yang gampang untuk dipelihara. Lantaran, ikan guppy dapat dengan mudah beradaptasi dengan keadaan lingkungan yang baru.

Baca artikel menarik: Jenis Ikan Hias Termahal dan Terbaik di Dunia

Ok, untuk apa lama-lama kita membahas hal yang tidak penting, langsung saja menuju to the point, teknik budidaya ikan guppy, mudah dan murah.

Umur ikan guppy yang sudah siap untuk dikawinkan

Ikan guppy yang sudah siap untuk dikawinkan sebaiknya yang sudah berumur 4 bulan, karena pada usia tersebut waktu yang tepat untuk ikan guppy dipijahkan, alat reproduksi pun sudah matang.

Perbandingan induk

1. Untuk melakukan pengawinan ikan guppy, biasanya satu ekor jantan berbanding tiga ikan guppy betina, jumlah ini bermaksud supaya ikan guppy betina tak stres dalam pembiakan.

2. Warna serta tipe ikan guppy juga tidak boleh lupa diperhatikan, lantaran, ikan dengan pola warna yang sama untuk dibiakkan, anaknya akan mempunyai pola warna yang senada juga dengan induknya. Sirip dan sirip ekor ikan guppy juga akan ikut serta.

Bagi yang belum bisa membedakan ikan guppy betina dan ikan guppy jantan, beriikut ini kami akan memberikan caranya:

Tingkah laku kawin ikan Guppy


Gsmbar: dari Youtube.com

Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang melakukan perkembangbiakan dengan melahirkan anak, hati-hati saat mencari informasi tentang ikan guppy di internet. Banyak yang tidak mengerti tentang ikan.

Ciri-ciri ikan gupi jantan dan betina



Ikan guppy betina

- Warna ikan guppy betina kurang cerah dan menarik
- Pada bagian belakang sirip perut tak ada gonopodium, akan tetapi siripnya halus.
- Ikan guppy betina memiliki badan agak lebih gemuk
- Sirip atas ikan guppy betina tidaklah terlalu panjang
- Kepala agak runcing

Ikan guppy jantan

-Mempunyai gonopodium (berbentuk benjolan pada bagian belakang sirip perut) yang disebut modifikasi sirip anal yang berbentuk menjadi sirip yang panjang.
- Badan ikan guppy jantan terlihat lebih ramping
- Warna ikan guppy jantan lebih cerah, menarik
- Sirip punggung ikan guppy jantan lebih panjang
- Kepala ikan guppy jantan lebih besar
-Gerakannya lebih agresif

Kisaran kualitas air untuk pembenihan ikan guppy

-Suhu yang baik 25-30°C
-pH air 6-7
-Kadar oksigen dalam air >4

Tahapan pembenihan ikan guppy 

- Pilihlah induk yang memiliki warna lebih cerah, relatif besar serta perut menggembung
- Langkah selanjutnya, persiapkan wadah/kolam pemijahan dengan cara massal dengan perbandingan ikan guppy betina 3 banding 1 jantan
- Bila hendak mendapatkan anakan ikan guppy yang bagus pisahkan induk satu banding satu ke dalam kolam.
-Ketika tubuh ikan sudah membulat sekali dan gravid spot ikan ( lubang keluar anaknya) sudah turun, ciri ( di bagian anus ikan terlihat mirip kotak menyudut) angkat ikan jantan dan biarkan betina sendirian agar melahirkan anaknya.

Baca: Habitat dan Asal-usul Ikan Lele Dumbo

Tahapan Pemeliharaan Bibit

Anakan ikan yang baru saja lahir tidak boleh diberikan pakan dulu selama tida hari, karena masih memiliki kuning telur dari baawaan lahirnya, sekira sudah memasuki usia 4 baru boleh memberikan makanan.

Cara memberikan pakan untuk larva ikan guppy

-Berikan pakan dari kuning telur yang sudah terlebih dahulu direbus setengah matang selama satu minggu

-Setelah larva  berumur 7 hari baru bisa diberi kutu air yang telah disaring lebih dahulu.

-Setelah ikan berukuran 2-3 cm, berikan pakan alami berupa cacing, tujuannya guna memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

-Ketikan ikan sudah memiliki panjang 5-7 cm maka kita bisa memberikan pakan cuk guna memperoleh pertumbuhan yang optimal.

Cukup sekian saja, semoga bisa memberikan manfaat untuk handai taulan semua, jangan lupa share juga untuk orang lain.

Sumber: jurnal "Budidaya Ikan Guppy".


Demikianlah Artikel Teknik Pemijahan Ikan Guppy, Simpel dan Dijamin Sukses

Sekianlah artikel Teknik Pemijahan Ikan Guppy, Simpel dan Dijamin Sukses kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Teknik Pemijahan Ikan Guppy, Simpel dan Dijamin Sukses dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2016/10/teknik-pemijahan-ikan-guppy-simpel-dan.html

0 Response to "Teknik Pemijahan Ikan Guppy, Simpel dan Dijamin Sukses"

Posting Komentar