Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Cara Mudah Membasmi Lumut pada Kolam Pembenihan Ikan Lele

Cara Mudah Membasmi Lumut pada Kolam Pembenihan Ikan Lele - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara Mudah Membasmi Lumut pada Kolam Pembenihan Ikan Lele, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pembenihan Ikan, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara Mudah Membasmi Lumut pada Kolam Pembenihan Ikan Lele
link : Cara Mudah Membasmi Lumut pada Kolam Pembenihan Ikan Lele

Baca juga


Cara Mudah Membasmi Lumut pada Kolam Pembenihan Ikan Lele

lumut pada kolam ikan
Lumut pada kolam pembenihan ikan lele
Superperikanan - Kolam  merupakan sarana yang sangat penting dalam hal melakukan usaha pembenihan ikan, tanpa ada kolam artinya tidak ada yang namanya budidaya ikan, kolam bisa dengan mudah dibuat, namun bukan berarti setelah dibuat bisa begitu saja bisa ditebarkan benih ikan.

Ada faktor-faktor yang akan kita temui dalam usaha pembenihan ikan lele, seperti lumut pada kolam, dan tentu saja hal itu sangat mengganggu, mau tidak mau harus dibersihkan kalau tidak mau larva ikan lele mati, karena lumut-lumut tersebut akan membuat larva ikan tersangkut lantas bagaimana caranya? Simak penjelasan berikut ini:


Bukan hanya saja dapat memberikan masalah pada bibit, namun, lumut ini juga sangat mengganggu pada saat pemanenan benih ikan lele. Pada saat menjaring anakan ikan lele yang bercampur dengan lumut kita akan mengalami kesulitan saat hendak memisahkannya.


Kehadiran lumut bisa disebabkan oleh kandungan nutrient di air, akan tetapi kebanyakan disebabkan oleh terpaan sinar matahari yang sangat terik.

Oleh sebab itu, kepada seluruh petani ikan lele diharapkan dapat mengontrol laju pertumbuhan lumut pada wadah pemeliharaan ikan lele.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu pertumbuhan lumut pada kolam, diantaranya adalah:

1. Ada pengendapan sisa pakan ikan yang berlebih di dasar kolam.
2.  Penggunaan pupuk kandang yang berlebih.
3.  Intensitas matahari yang terlalu tinggi.hap
4.  Banyaknya bahan organik di dalam kolam.

Cara  membasmi lumut pada kolam ada beberapa tahapan, yakni:

1. Dengan menambah volume air dalam kolam, namun, tidak cukup itu saja, karena matahari masih menembus sampai ke dasar kolam.

2. Taburkan pupuk ke dalam kolam dan biarkan selama 5-7 hari. Usahakan untuk menggunakan pupuk yang higienis, pupuk terbaik bukan berasal dari kotoran hewan.

3. Pasanglah paranet di atas kolam, pilih sesuai dengan kebutuhan, sebab paranet bisa dilihat dari kerapatannya, seperti jenis paranet; Paranet 45%, 50%, 65%, 75%, 80%, dan 90%. Semakin rapat ukuran paranet maka akan semakin baik pula, karena akan menekan laju pertumbuhan lumut dengan melindungi kolam dari pancaran mentari.

4. Gunakan plastik hitam atau biasa disebut plastik mulsa, hal ini bertujuan untuk meminimalisir cahaya yang masuk, namun suhu kolam akan menurun dan bisa mempengaruhi laju pertumbuhan lele.

Walaupun demikian, Anda tidak usah kawatir lantaran plastik hitam masih bisa menyerap cahaya, alhasil dapat terjaga kualitas air.

Kami kira cukup itu saja penjelasan "Cara membasmi lumut pada kolam pembenihan ikan lele", semoga bisa berguna bagi sahabat-sahabat perikanan semua. Terima kasih telah berkunjung ke blog ini.


Referensi: Artikel ini dikutip dari banyak sumber.




Demikianlah Artikel Cara Mudah Membasmi Lumut pada Kolam Pembenihan Ikan Lele

Sekianlah artikel Cara Mudah Membasmi Lumut pada Kolam Pembenihan Ikan Lele kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Cara Mudah Membasmi Lumut pada Kolam Pembenihan Ikan Lele dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2016/10/cara-mudah-membasmi-lumut-pada-kolam.html

0 Response to "Cara Mudah Membasmi Lumut pada Kolam Pembenihan Ikan Lele"

Posting Komentar