Portal Dunia Perikanan

Pusat Informasi Seputar Perikanan
Budidaya ikan, cara budidaya ikan, ternak ikan, cara budidaya ikan air tawar, budidaya ikan hias, ternak ikan hias, cara budidaya ikan nila di kolam terpal, budidaya ikan di kolam beton, cara budidaya ikan di kolam tanah

Perlengkapan Perikanan
Kami menyediakan perlengkapan perikanan: waring ikan, waring hitam, waring pagar, waring keramba, mulsa plastik, terpal plastik untuk kolam ikan, plastik uv (ultra violet) untuk atap kolam ikan, paranet (jaring peneduh). Hubungi kami:
- SMS/WA/Call: 0852.3392.5564 | 0877.0282.1277 | 08123.258.4950
- Phone: 031- 8830487

Waring Jadi Solusi Agribisnis Perikanan Daerah Rawa-Rawa

Waring Jadi Solusi Agribisnis Perikanan Daerah Rawa-Rawa - Hallo sahabat Portal Dunia Perikanan, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Waring Jadi Solusi Agribisnis Perikanan Daerah Rawa-Rawa, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Info pertanian, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Waring Jadi Solusi Agribisnis Perikanan Daerah Rawa-Rawa
link : Waring Jadi Solusi Agribisnis Perikanan Daerah Rawa-Rawa

Baca juga


Waring Jadi Solusi Agribisnis Perikanan Daerah Rawa-Rawa


Waring memang terlihat sebagai perangkat sederhana, akan tetapi sangat kaya manfaat. Tidak hanya pada berbagai proses pertanian, baik dari awal hingga pengangkutan pertanian. Yang terbaru, sebagaimana yang sedang giat dijalankan oleh masyarakat Sumatra Selatan adalah penggunaan waring untuk pembuatan petak-petak kolam ikan lele di daerah rawa-rawa.

Solusi ini menarik menjadi bagian dari upaya mengolah lahan-lahan yang selama ini dibiarkan menganggur. Selama ini masyarakat membiarkan rawa tanpa dimanfaatkan khusus secara produktif. Masyarakat sudah terbiasa menangkap ikan tanpa membudidayakannya. Praktis perikanan rawa sementara ini masih bersifat perinkanan tangkap saja.

Kian Popular
Kini Anda tidak asing lagi melihat petakan-petakan waring dibangun warga di atas lahan rawa-rawa. Di Kota Palembang misalkan di kelurahan Bukit Baru, Sukarame, Kalidoni dan Tanjung Rawo petakan waring telah menyebar, menghiasi rawa yang dulu terbentang kosong. Berbagai jenis ikan dibudidayakan masyarakat seperti ikan lele, patin atau mujair.

Sebagaimana dikutip dari berbagai portal media nasional, petakan waring yang dikelola warga di atas lahan tambak tersebut terbukti menguntungkan. Apalagi lahan tambak tidak pernah kering, bahkan saat musim kemarau sekalipun. Sementara pada saat musim hujan, banjir yang menggenang tidak sampai merusak kuantitas atau kualitas budidaya ikan pada petakan waring tambak.

Keunggulan dan Manfaat Penggunaan Waring
Kini pemnafaatan waring untuk solusi daerah rawa semakin optimal. Dibanding dengan petakan kolam, penggunaan waring justru menghasilkan kuantitas dan kualitas budidaya yang kebih baik. Berikut keterangan rangkuman manfaat penggunaan waring pada petakan kolam rawa-rawa.

Sebagai Pembatas (Kolam)
Manfaat utama  penggunaan waring sebagai pembatas satu kolam dengan kolam lainnya. Pengelompokan ini penting dilakukan dalam rangka proses pembenihan, pemijahan, dan pembesaran.

Sebagai Peneduh Kolam
Waring dapat juga dimanfaatkan layaknya paranet, yakni sebagai pengontrol sinar terik matahari siang. Teduh kolam menggunakan waring ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga higienitas dan potensi penyakit yang datang dari atas.

#Baca juga Penggunaan Jaring Berkualitas Untuk Kolam Apung.

Alat Panen
Waring juga sangat membantu pada proses akhir, yakni pemanenan. Waring digunakan sebagaimana jala atau jaring untuk mengumpulkan ikan-ikan yang masih berkeliaran.

Menjaga Benih dari Predator
Waring bermafaat untuk menjaga kemungkinan berbagai serangga dan predator, khususnya pada ikan yang masih kecil-kecil. Predator tersebut seperti lele, ikan sapu, ular, dan lain-lain.

Mengurangi Tingkat Penyebaran Penyakit
Waring terbukti juga efektif mencegah tertularnya punyakit. Beberapa penyakit yang bisa menyerang ikan adalah bintik, jamur dan borok (budug) pada permukaan luar kulit lain. Jika sudah terkontiminasi, maka penyembuhan menjadi sulit.

Mengurangi Resiko Banjir
Waring juga sangat membantu petani saat cuaca berubah hujan deras dan mengalirkan banjir yang mengenang. Penggunaan waring terbukti jauh lebih aman dari pembuatan kolam-kolam ikan. Petakan waring tambak yang ditancapkan dengan tinggi tertentu, memberikan keamanan saat banjir meluap.

Lebih Cepat Panen
 Penggunaan waring juga terbukti efektif dalam melokalisir makanan yang disebarkan. Makanan tidak terbuang sia-sia, hingga dapat disantap oleh keseluruhan ikan budidaya.

Penggunaan waring kini semakin popular. Jika tiga tahun lalu penggunaan jarring di atas tambak masih sangat terbatas. Kini semakin banyak petakan waring di atas lahan rawa. Selain sebagai pemisah antar kolam, penggunaan waring sangat membantu pada penjagaan kolam, baik dari pengaruh luar, penyakit dan lain sebagainya atau alasan keamanan.

Bagi anda yang ingin memulai metode ini anda bisa menghubungi kami 085233925564 / 081232584950 / 087702821277 . Menyediakan Waring Ikan merk Arwana,Pancing dan RK dengan harga pabrik.Minimal pembelian 10 roll.Untuk harga Waring Ikan silahkan klik DISINI.
Baca Juga Hasil Optimal,Manfaatkan Waring Ikan Untuk Budidaya Bandeng.



Demikianlah Artikel Waring Jadi Solusi Agribisnis Perikanan Daerah Rawa-Rawa

Sekianlah artikel Waring Jadi Solusi Agribisnis Perikanan Daerah Rawa-Rawa kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Waring Jadi Solusi Agribisnis Perikanan Daerah Rawa-Rawa dengan alamat link https://portal-perikanan.blogspot.com/2016/09/waring-jadi-solusi-agribisnis-perikanan.html

0 Response to "Waring Jadi Solusi Agribisnis Perikanan Daerah Rawa-Rawa"

Posting Komentar